After the Golden Globes…



golden_globes_logo_2011

Apa yang bisa disimpulkan untuk persaingan menuju piala Oscar tahun ini setelah pemenang ajang Golden Globe diumumkan? Berikut ulasannya.

1. Film “Braveheart” garapan sutradara Mel Gibson adalah film terakhir yang meraih penghargaan film terbaik Oscar (1996), tanpa meraih satu kali pun penghargaan film terbaik dari sepuluh penghargaan pendahuluan utama sebelum Oscar (Golden Globe, Producers Guild Award, BAFTA, Critics’ Choice, NSFCA, NBRA, NYFCA, LAFCA, BSFCA, dan CFCA). Sementara itu, film “Driving Miss Daisy” adalah film terakhir yang meraih penghargaan film terbaik Oscar (1990) dimana sutradara film tersebut tidak masuk dalam nominasi sutradara terbaik. Tahun ini, “Lincoln” belum meraih satu pun penghargaan film terbaik dari kesepuluh penghargaan pendahuluan utama (walaupun masih ada kesempatan di BAFTA dan PGA). Sementara itu, film “Argo” besutan Ben Affleck menjadi jawara di ajang Critics’ Choice dan yang teranyar Golden Globe, sementara Zero Dark Thirty garapan Katheryn Bigelow meraih titel film terbaik di ajang NYFCA, NBR, BSFCA, dan CFCA. Apa artinya? Oscar tahun ini mungkin akan mencetak sejarah baru, film terbaik tanpa sutradaranya masuk nominasi sutradara terbaik. Atau bisa jadi film terbaik tanpa memenangkan satu pun penghargaan pendahuluan utama sebelum Oscar.

2. Yap, sutradara terbaik Golden Globe tahun ini adalah… Ben Affleck! Untuk Academy: in your face!!!!!hahaha. Kemenangan Ben Affleck sebagai sutradara terbaik di ajang Golden Globe semakin mempersulit prediksi siapa yang akan menang di ajang Oscar pada kategori yang sama. Pasalnya, dua nama yang merajai penghargaan pendahuluan sebelum Oscar di kategori sutradara terbaik kebetulan adalah dua orang yang ‘terabaikan’ oleh Academy dan gagal masuk nominasi. Selain Affleck dan Bigelow, hanya Haneke yang berhasil meraih penghargaan sutradara terbaik di ajang NSFCA. Bagaimana dengan Spielberg? Sama seperti film yang digarapnya, belum satu pun. Betul sekali, masih ada dua penghargaan yang belum mengumumkan hasilnya untuk kategori penyutradaraan ini, Director Guild Award dan BAFTA. Dan DGA adalah prediktor paling akurat untuk kategori sutradara terbaik Oscar. Mari kita tunggu tanggal 2 Februari hasilnya. Semoga Affleck atau Bigelow yang akan kembali berjaya, dan saya akan sampaikan sekali lagi, “in your face!!!!” untuk Academy,hahahaha

3. Penghargaan yang diterima Daniel Day-Lewis di ajang Golden Globe sebagai pemeran utama pria terbaik untuk film drama mengukuhkan bahwa dirinya sudah dipastikan akan meraih Oscar untuk kategori tersebut. Dirinya hampir menyapu bersih semua penghargaan pendahuluan sebelum Oscar untuk kategori tersebut. Meskipun masih ada Screen Actor Guild Award dan BAFTA, dari hitung-hitungan yang saya buat, poinnya sudah melebihi 50 persen dan tidak akan terkejar oleh pesaing terdekatnya, Joaquin Phoenix. Ditambah sikap Phoenix yang kurang bisa diterima oleh para voter di Academy terhadap Oscar semakin memperlapang jalan Danile Day-Lewis. “And the Oscar goes to… Daniel Day-Lewis…” *standing ovation* voice over: “this is the third Oscar for Daniel Day-Lewis and the second for his leading role acting”

4. Kemenangan Jessica Chastain dan Jennifer Lawrence di ajang Golden Globe untuk kategori pemeran utama wanita terbaik film drama dan komedi atau musikal, membuat keduanya kini menjadi frontrunner untuk kategori pemeran utama wanita terbaik Oscar. Siapa yang lebih besar peluangnya? Sampai saat ini Chastain masih sedikit lebih unggul dari Lawrence. Tapi tunggu sampai pemenang kategori tersebut di ajang Screen Actor Guild Awards diumumkan. Beberapa pihak mungkin mengharapkan Emanuelle Riva yang akan menang (acara puncak Oscar bertepatan dengan ulang tahun Riva yang ke-86!). But hey, tengok fakta sepuluh tahun terakhir: Charlize Theron, Reese Witherspoon, Hillary Swank, Marion Cotillard, dan Natalie Portman berhasil menyingkirkan nama-nama “senior” seperti Diane Keaton, Imelda Staunton, dan Judi Dench. Seems like the Academy members can’t help to vote for the young fresh actress.

5. Dari kategori pemeran pendukung, Anne Hetheway menjadi frontrunner untuk kategori wanita setelah berhasil mengungguli saingan terdekatnya, Sally Field di ajang Golden Globe. Dan persaingan semakin sengit di kategori pria, setelah diluar dugaan Golden Globe memilih Christoph Waltz sebagai yang terbaik. Secara hitung-hitungan berdasarkan pendekatan penghargaan pendahuluan sebelum Oscar, kini Philip Seymour Hoffman dan Waltz yang memimpin di depan. Tomy Lee Jones dan Alan Arkin yang dianggap sebagai pesaing utama untuk kategori ini, belum meriah satu pun penghargaan mayor di award season tahun ini. Mungkin bila keduanya menang di SAG dan BAFTA, persaingan akan semakin sengit.

6. “Django Unchained” kini menjadi frontrunner untuk kategori original screenplay setelah menang di Critics’ Choice dan tentunya Golden Globe. Sepertinya akan menjadi Oscar kedua bagi Tarantino untuk kategori penulisan, setelah sebelumnya dia meraih Oscar untuk “Pulp Fiction” (1995) pada kategori yang sama. Sementara untuk kategori addpated screenplay, “Lincoln” masih yang terdepan, dan dibayang-bayangi oleh “Silver Linings Playbook”. Pemenang ajang Writer Guild Awards (diumumkan 17 Februari) yang paling mungkin akan membawa pulang Oscar untuk kategori penulisan.

7. Oh iya, saat pengumuman nominasi Oscar, banyak yang kecewa dengan performa MC baru yang diharapkan bisa membawa nagin segar dalam perhelatan Oscar, Seth MacFarlane. Sementara itu banyak yang memuji penampilan duo aktris Tina Fey dan Amy Poehler di ajang Golden Globe. Ah… semakin kecewa dengan Academy. Semoga penampilan MacFarlane di acara puncak bisa lebih baik, sehingga Academy tidak semakin menambah panjang daftar “salah pilihnya” untuk tahun ini,hahaha *sotoy*

Iklan

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: