Snub


Bigelow dan Affleck (politico.com)

Bigelow dan Affleck (politico.com)

Nominasi Oscar 2013 sudah diumumkan, list lengkapnya bisa dilihat di sini. Kejutan! Kathryn Bigelow dan Ben Affleck absen dari nominasi sutradara terbaik.


Dua hal yang bisa dibahas setelah nominasi Oscar diumumkan: memprediksi siapa yang akan menang atau mebahas film apa dan siapa yang gagal masuk nominasi; padahal mungkin mereka punya kualitas yang tidak kalah (bahkan mungkin lebih baik) dari mereka yang tertera di daftar nominasi. Snub, adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjuk pada film atau pihak-pihak yang ‘terabaikan’ oleh para voters di Academy sehingga gagal masuk nominasi, padahal mereka memiliki kualitas yang mumpuni untuk masuk daftar nominasi. Dari mana kita bisa mengatakan bahwa mereka memiliki kualitas yang mumpuni dan mereka being snubbed? Ukuran paling mudah adalah dengan menganalisis penghargaan-penghargaan pendahuluan sebelum Oscar. Penghargaan-penghargaan tersebut biasanya diberikan oleh perkumpulan kritikus film atau asosiasi profesi di dunia perfileman (asosiasi produser, sutradara, editor, penulis, dll), sehingga kredibilitas penilaiannya tidak perlu diragukan lagi.

Film

Pada tulisan sebelumnya, saya memprediksi sepuluh film yang akan masuk nominasi Oscar. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini hanya ada sembilan film yang masuk nominasi film terbaik. The Master dan Moonrise Kingdom yang saya prediksi bisa masuk nominasi film terbaik ternyata tidak ada di dalam daftar, posisi keduanya digantikan oleh film non Bahasa Inggris, Amour, garapan Michael Haneke. The Master dan Moonrise Kingdom ada di jajaran nominasi Critics’ Choice, Monrise Kingdom masuk list nominasi PGA bersama delapan film nominasi best picture Oscar lainnya (selain Amour), dan The Master mendapat pujian dari para kritikus sehingga selalu masuk nominasi di penghargaan mayor yang diadakan perkumpulan kritikus di New York (NYFCA), LA (LAFCA), dan Chicago (CFCA). Tapi itu ternyata dirasa belum cukup meyakinkan bagi para voter di Academy.

Sutradara

Ya, Katheryn Bigelow dan Ben Affleck gagal menempatkan namanya di dalam daftar lima sutradara yang akan bersaing untuk Oscar tahun ini. Banyak pihak menganggap ini sebagai the biggest snubs. David O. Russell, sutradara film bergenre komedi “Silver Linings Playbook” dan first timer director Benh Zeitlin (Beat of the Southern Wild) yang justru ada di daftar list nominasi sutradara terbaik. FYI, Bigelow menempatkan namanya di jajaran nominasi sutradara sepuluh penghargaan pendahuluan utama sebelum Oscar (NYFC, LAFC, BSFC, CFC, NSFC, NBR, Golden Globe, DGA, Critics’ Choice, dan BAFTA), bahkan dibeberapa penghargaan Bigelow keluar sebagai pemenang; sementara Affleck masuk nominasi di 6 penghargaan dan yang teranyar dia membawa pulang penghargaan sutradara terbaik di ajang Critics’ Choice Award.

Zero Dark Thirty sendiri belakangan banyak menuai protes terkait adegan penyikasaan yang ada di film tersebut terhadap tahanan CIA dalam rangka memburu Usama Bin Laden (UBL). Sementara Argo juga dikritik terkait kesesuaian isi film tersebut dengan kejadian sebenarnya. But hey, these only films, dan keduanya memberikan fungsi utama secara maksimal sebagai sebuah film: hiburan. Yang sudah menonton film “Argo” pasti salut dengan cara Ben Afflect membangun film ini sehingga menjadi thriller yang membuat deg-degan sampai akhir film. Dan yang sudah nonton ZDT pasti kagum dengan cara Bigelow membuat 10 tahun perburuan UBL begitu terasa mengalir dan thrilling.

Akting

Sebenranya saya lebih senang dengan John Hawkes yang masuk nominasi pemeran utama pria terbaik, tapi Danzel Washington juga tidak kalah baik aktingnya di film “Flight” dan poin penilaian saya untuk keduanya sama. Bisa dikatakan, tidak ada snub untuk kategori ini. Untuk kategori pemeran utama wanita, ternyata Academy lebih memilih bintang cilik Quvenzhane Wallis (BotSW), dan prediksi saya Marion Cotillard gagal masuk daftar nominasi. Tidak masalah, Wallis memerankan kakrakternya dengan luar biasa di usianya yang baru 6 tahun saat pengambilan gambar untuk film tersebut. Lagi, tidak ada snub untuk kategori ini.

Untuk kategori pemeran pendukung pria, sangat disayangkan bahwa Matthew McCounaghey gagal masuk di jajaran nominasi. Matthew yang belum pernah mendapatkan nominasi Oscar sebelumnya, mendapatkan penghargaan dari para kritikus (NYFCA dan NSFCA) untuk aktingnya di film “Magic Mike” dan “Bernie”. Bahkan majalah Time menempatkan dirinya sebagai satu dari top 10 movie performance di tahun 2012 lewat perannya dalam film “Killer Joe”. Dan lagi, Leonaedo DiCaprio masih harus menunggu tahun-tahun berikutnya untuk Oscar pertamanya karena tahun ini dirinya juga gagal masuk nominasi pendukung pria terbaik untuk perannya dalam film (Django Unchained).

Skenario

Di kategori skenario asli, Looper yang sebelumnya meraih penghargaan pada ajang National Board Review, gagal masuk nominasi. Posisinya digantikan oleh “Amour”. Sementara untuk kategori skenario adaptasi, film “The Perks of Being a Wallflower” yang sebelumnya saya prediksi masuk nominasi (film ini masuk nominasi yang sama di ajang Writer Guild ย dan Critics’ Choice), posisinya tergusur oleh Beast of the Southern Wild.

Para voter di Academy adalah manusia biasa yang punya preferensi masing-masing terhadap film. Dan preferensi adalah hal paling personal dalam diri manusia yang menjadikannya sangat bergam antar satu manusia dengan yang lainnya. Pada akhirnya, tidak akan ada yang tahu secara pasti apa yang akan dipilih para voter di Academy. Tapi kejutan-kejutan diluar prediksi dan diluar dugaan tersebut yang menjadikan ajang semacam Oscar menjadi menarik bukan?

Iklan

, , , , , , , , ,

  1. #1 by Mochammad on Januari 13, 2013 - 10:46 pm

    Hmmm film.. film… apa pun itu ulasan tentang film, membuatku sedih. Di kotaku tidak ada gedung bioskop.

    ๐Ÿ™‚ Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

    • #2 by Agus Surachman on Januari 13, 2013 - 10:49 pm

      Wah.. tinggal dimana memangnya Pa?
      Salam kenal sebelumnya Pa.

      • #3 by Mochammad on Januari 13, 2013 - 10:50 pm

        salam kenal juga. di Mataram ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: