Menuju Oscar 2012: Tahun Para Legenda


84th Academy Awards

84th Academy Awards

Tahun ini adalah kali ke-84 penyelenggaraan penghargaan tahunan bagi insan perfilman: Academy Award atau yang lebih dikenal dengan Oscar. Inilah mungkin penghargaan yang paling diidamkan oleh setiap orang yang berkecimpung di dunia layar lebar; euforianya tidak hanya dirasakan di negara tempat penyelenggaraannya saja tapi juga hingga ke berbagai penjuru dunia. Gaungnya akan semakin terasa setelah besok, 24 Januari 2012, Academy of Motion Picture Arts and Sciences akan mengumumkan nominasi penerima penghargaan tahun ini. Siapa saja yang akan Berjaya tahun ini? 


Acara puncak dari hajat tahunan insan perfilman ini sendiri akan diadakan satu bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2012. Dan tahun ini langganan host Academy Awards Billy Crystal kembali dipercaya untuk memandu acara tersebut, setelah tahun lalu James Franco dan Anne Hathaway dinilai ‘kurang berhasil’ menjalankan tugasnya memandu acara ini. Ada sekitar 24 piala yang akan diperebutkan mulai dari kategori teknis, kategori penulisan, kategori penyutradaraan, kategori peran, hingga kategori untuk film terbaik.

Perbincangan mengenai siapa yang layak untuk membawa piala Oscar tahun ini telah ramai sejak jauh sebelumnya. Academy Awards sebagaimana diketahui menjadi acara penghargaan pamungkas di bidang perfilman, sekaligus yang paling prestisius. Penghargaan-penghargaan pendahulu Oscar kemudian dijadikan cerminan untuk memprediksi siapa saja atau film apa yang akan menjadi bintang diacara puncak nanti. Dan saya pun punya prediksi sendiri tentang beberapa orang yang saya yakini akan meraih penghargaan di ajang Oscar tahun ini. Berikut adalah mereka.

Maryl Streep (The Iron Lady) – Pemeran Utama Wanita Terbaik

Meryl Streep dalam The Iron Lady

Meryl Streep dalam The Iron Lady

Aktris satu ini dikenal sebagai legenda hidup dunia perfilman. Bagaimana tidak, sepanjang karirnya dia telah dinominasikan untuk kategori peran dalam ajang Oscar sebanyak 16 kali (13 untuk pemeran utama wanita dan 3 untuk pemeran pembantu wanita). Menjadikannya pemegang rekor untuk pemain film dengan jumlah nominasi terbanyak sepanjang sejarah Oscar. Dari 16 kali dinominasikan, Streep ‘baru’ meraih 2 piala Oscar masing-masing  pada tahun 1980 (Kramer vs. Kramer) dan 1983 (Sophie’s Choice).

Hampir 20 tahun setelah piala Oscar terakhirnya, Streep memiliki kesempatan besar untuk meraihnya kembali tahun ini. Dalam film The Iron Lady, Streep benar-benar menunjukkan kelasnya dalam memerankan sosok Margaret Thatcher (mantan Perdana Mentri Inggris di era 80-an). Dan dalam pandangan saya, memerankan sosok nyata saat kisah hidupnya diangkat ke layar lebar adalah suatu hal yang sangat sulit. Karena banyak pihak yang akan membandingkan keotentikan peran yang dimainkan dengan sosok asli di kehidupan nyata. Bila soerang aktor atau aktris bisa melakukan hal tersebut dengan baik, tidak berlebihan rasanya bila kemudia Oscar menjadi ganjarannya.

Pada tahun 2009 Sean Penn meraih Oscar untuk kepiawannya memerankan sosok Harvey Milk, sebelumnya pada tahun 2006 Phillip Seymour Hoffman juga diganjar Oscar untuk aktingnya sebagai Turman Capote dan setahun sebelumnya Jammie Fox yang memerankan sosok Ray Charles berhasil meraih penghargaan yang sama. Di bagian putri ada Marion Cottilard yang memerankan sosok penyanyi Edith Piaf, Helen Mirren yang memerankan Ratu Elizabeth II, dan Reese Witherspoon yang memerankan tokoh June Carter yang memenangkan Oscar masing-masing pada tahun 2008, 2007, dan 2006. Catatan tersebut akan bertambah tahun ini menurut saya, saat Maryl Streep dinobatkan untuk pemeran utama wanita terbaik Academy Awards ke-84.

Christopher Plummer (Beginners) – Pemeran Pendukung Pria Terbaik

Christopher Plummer

Christopher Plummer

Academy mengakui Plummer sebagai salah satu aktor terbaik yang pernah ada, setelah lebih dari 80 tahun ia berkecimpung di dunia perfilman. Melalui nominasi yang ia dapatkan sebagai pemeran pendukung pria terbaik melalui perannya sebagai Leo Tolstoy dalam film The Last Station pada tahun 2010. Dan tahun ini adalah tahunnya Plummer untuk kembali mendapatkan pengakuan, bukan hanya melalui sebuah tempat untuk nominasi, tapi juga membawa pulang Oscar. Penghargaan untuk aktingnya dalam filam Beginners sebagai seorang duda lanjut usia beranak satu yang mengakui secara terbuka bahwa dirinya sebenarnya adalah seorang gay dan memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seorang pria yang lebih muda.

Melalui perannya tersebut, Plummer juga berhasil meraih penghargaan-penghargaan bergengsi pendahulu Oscar tahun ini. Sebut saja Golden Globes Award, Los Angeles Film Critics Award, dan National Board of Review. Oscar bagi Plummer akan lebih dari sekedar penghargaan untuk perannya dalam film tersebut. Oscar akan menjadi penghargaan sepadan atas kontribusinya dalam dunia perfilman yang luar biasa selama lebih dari delapan dekade.

Martin Scorsese (Hugo) – Sutradara Terbaik

Martin Scorsese

Martin Scorsese

Anda pasti tidak asing dengan film-film berikut: Goodfellas, Gang of New York, The Aviator, dan The Departed. Ya, Martin Scorsese adalah orang di balik layar yang berperan sebagai sutradara untuk film-film tersebut. Dan film-film tersebut juga mengantarkannya untuk masuk dalam nominasi sutradara terbaik dalam ajang Academy Awards. Namun baru pada tahun 2007 Scorsese berhasil membawa pulang Oscar, hampir 50 tahun setelah dirinya berkecimpung di dunia perfiman sebagai sutradara. Nama besarnya sejajar dengan sutradara kawakan lainnya seperti Francis Capola, Steven Spielberg, dan Woody Allen. Namun diantara nama-nama tersebut, Scorsese lah sutradara dengan raihan piala Oscar paling sedikit.

Tahun ini Scorsese mempunyai peluang besar untuk menambah koleksi Oscarnya, setelah film besutannya “Hugo” mendapatkan banyak review positif dari berbagai kalangan. Film yang dilebel 3D ini berbeda dengan film-film 3D lainnya. Bila biasanya lebel 3D terkesan dipaksakan dalam suatu film hanya untuk kepentingan meningkatkan nilai jual, lain halnya dengan Hugo. Scorsese menciptakan suatu level baru film 3D; Hugo adalah fim yang memberikan lebih dari sekedar hiburan namun juga kontribusi yang besar untuk dunia perfilman. Baik secara teknik yang sudah dijelaskan tadi (terkait 3D), maupun dari segi isi cerita. Hugo bukan sekedar film petualangan anak-anak, ini adalah kado dari Scorsese bagi dunia perfilaman. Dan piala Oscar adalah penghargaan sepadan untuk hal tersebut.

Kategori Lainnya?

Bagaimana dengan kategori-kategori lainnya. Saya sendiri masih belum punya pilihan yang pasti, karena beberapa kandidiat memiliki kekuatan yang sama atau karena saya belum menonton beberapa film yang memang banyak diperbincangkan akan meraih penghargaan di ajang Academy Awards tahun ini. Kita tunggu besok, siapa saja yang akan mengisi nama-nama yang akan mengisi deretan nominasi Oscar tahun ini. Dan nantikan ulasan lainnya terkait perhelatan Oscar tahun ini.    

Iklan

, , , , ,

  1. #1 by yuvita on Januari 23, 2012 - 11:43 pm

    perasaan gue si Meryl Streep masuk mulu deh ya di nominasi aktris terbaik. Golden Globe sekarang doi menang, bahkan kata kk gue, bisa2 Golden Globe and Oscar jadi Meryl Streep Show (dia mulu yang muncul). Btw, film Iron Lady udah ada tuh di Indo… ingin nonton, kalo udh nonton review ya mas 🙂

    • #2 by Agus Surachman on Januari 24, 2012 - 6:10 am

      Hahaha.. iya, joke-nya Alec Baldwin pas dia jadi host Oscar 2010 kan bilang “No matter what, there must be Meryl Streep on the (Oscar) nomination,haha
      tapi emang dia keren sih aktingnya,hehe
      Kemaren baru ajah nonton The Iron Lady, ceritanya biasa ajah.. tapi pasti kesihir sama aktingnya Maryl Streep,hehe

  2. #3 by Akhmad Muhaimin Azzet on Januari 24, 2012 - 3:40 pm

    wah…, informasi menarik neh…
    makasih banyak ya mas…..

    • #4 by Agus Surachman on Januari 24, 2012 - 3:47 pm

      Sama-sama mas.. Pecinta film juga mas?
      Terima kasih juga sudah bersedia baca.. 🙂

  1. Menuju Oscar 2012: Dan Nominasinya Adalah… « (In)Sight

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: