Jalan Ketidakpastian


Persimpangan

Persimpangan

Untuk tulisan pertama saya tahun ini, saya ingin membukanya dengan sebuah kutipan puisi dari salah satu karya Robert Frost, The Road Not Taken:

The Roads diverged in a wood, and I,

I take the one less traveled by

And that has made all the difference.

Dan saya setuju dengan banyak orang yang mengatakan bahwa hidup ini adalah pilihan. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat akal pikiran yang diberkan kepada kita semua selaku manusia sehingga kita mampu berpikir secara logis untuk menentukan pilihan-pilihan dalam hidup kita. Hari demi hari kita lalui dengan berperan sebagai evaluator untuk menentukan apa yang akan kita pilih dari sejumlah pilihan hidup. Mulai dari hal-hal yang sifatnya remeh-temeh seperti hari ini mau makan apa dan memakai baju apa, hingga hal-hal yang sangat penting dan menentukan kelangsungan hidup seperti memilih pasangan hidup.

Memasuki tahun 2012 ini nampaknya tiba saatnya bagi saya untuk memilih hal-hal besar dalam hidup dan akan sangat menentukan cerita hidup kedepannya yang akan saya jalani. Seperti yang dituliskan Frost dalam puisinya, itulah pilihan yang saya ambil. Saya akan melalui jalan yang jarang dipilih orang lain. Saya sudah mantap untuk berjalan dalam ketidakpastian, karena jalan yang saya pilih adalah jalan yang jarang dilalui orang ā€“ asing.

Mengapa saya harus bersusah payah memilih jalan tersebut, padahal sebetulnya saya tahu ada jalan lain yang jauh lebih nyaman dan aman yang dapat saya pilih untuk dilalui. Keluar dari zona nyaman, itu intinya. Karena saya tahu, dan saya yakin dengan kebenaran dari baris terakhir puisi Frost tersebut. Pada akhirnya pilihan tersebut yang menjadkan hasil akhirnya menjadi berbeda. Seperti yang saya pelajari pula pada bab investasi, ketidakpastian menjanjikan return yang lebih tinggi ā€“ seiring dengan risiko yang tentunya tinggi pula.

Disitulah intinya, bagaimana saya harus mengurangi faktor risiko tersebut. Saya telah memilih jalan tersebut dan selanjutnya adalah momen-momen yang akan sangat penuh dengan perjuangan. Karena saya telah menentukan jalan itu yang saya ambil, jalan penuh ketidakpastian ā€“ jalan yang jarang digunakan orang kebanyakan. Dan saya tahu benar kemana arah semua ini, karena ini bukanlah kali pertama saya memilih jalan itu. Jalan yang penuh ketidakpastian. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan petunjuknya. Selamat berjuang semuanya!

Iklan

, , ,

  1. #1 by rheza ardiansyah on Januari 9, 2012 - 7:11 am

    maksudnya milih wirausaha ya gus? šŸ˜€

    • #2 by Agus Surachman on Januari 9, 2012 - 7:37 am

      wirausaha iya sih, tapi ngga sekarang ja gw pengen buka wedding organizer plus-plus suatu saat nanti,hehe, yang ini ngomongin hal yang laen..hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: